Pahamilah Makna Hijrah Yang Sesungguhnya

Kita kembali bertemu dengan awal tahun baru hijrah, 1438 Hijrah. Tapi, pergantian tahun ini masih diiringi keprihatinan atas kondisi buruk umat Islam dalam segala aspek kehidupan.

Makna Hijrah

Menurut Al-Qâmûs al-Muhîth “hijrah” berasal dari kata hajara yang berarti berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, dari suatu keadaan ke keadaan yang lain. Fuqoha mendefinisikan hijrah sebagai: keluar dari darul kufur menuju Darul Islam. Definisi tersebut diambil dari fakta hijrah Nabi saw. dari Makkah (saat itu darul kufur) ke Madinah (kemudian jadi Darul Islam)

Masyarakat Pasca Hijrah

Pasca Rasulullah saw. hijrah ke Madinah, dan membangun Negara Islamiyah, keadaan masyarakat berubah, jauh berbeda dengan masyarakat Jahiliah.

Pahamilah Makna Hijrah Yang Sesungguhnya

Pertama:

Akidah, akidah Islam mendominasi serta menjadi asas tunggal negara dan masyarakat, Syariah Islam diterapkan secara menyeluruh sebagai aturan.

Kedua:

Sosial, kehidupan sosial penuh dengan kedamaian dan ketenteraman. Segala bentuk kemaksiatan dan kriminalitas diberantas dengan hukum Islam yang tegas.

Ketiga:

Ekonomi, ekonomi berbasis riba dan kecurangan dihapus dan diberantas. Sedangkan, cara-cara meraih kekayaan yang syar’i dibuka lebar.

Keempat:

Politik, Islam dan kaum Muslim benar-benar diperhitungkan dan disegani oleh bangsa lain. Hidayah dan kekuasaan Islam kian meluas dengan dakwah dan jihad oleh negara.

Jahiliah Modern

Kondisi masyarakat saat ini sangat mirip dengan masyarakat Jahiliah sebelum hijrah, sebagian ulama menyebutnya sebagai “Jahiliah Modern”

Perubahan Menuju Khilafah

Awal tahun Tahun Baru Hijrah dan hari-hari ke depan sejatinya adalah masa tuk terus menggelorakan kebangkitan Islam menuju perubahan hakiki.

Perubahan itu tak mungkin tercapai kecuali dengan dua hal, yakni membangun kekuatan politik internasional yang menyatukan seluruh potensi kaum Muslim (Khilafah Islam), serta menerapkan Syariah Islam secara kâffah di dalamnya.
Sumber : Al Islam No.824, 27Dzulhijjah 1437H / 30 September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar