Masih Efektifkah Fogging Untuk Memberantas DBD ?

Fogging untuk Berantas DBD, masih Efektifkah? -ingga kini, selain pencegahan, upaya lain dalam memberantas demam berdarah dengue adalah dengan pengasapan alias fogging.Namun, meski metode itu telah diterapkan sejak lama, jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia belum kunjung berkurang, apa penyebabnya?

Fogging. MI/IMMANUEL ANTONIUS

Nyatanya fogging adalah penyemprotan insektisida secara pengkabutan, biasanya dilakukan di wilayah yang ada penderita demam berdarah dengue, untuk membunuh semua nyamuk.

Dr Adityo Susilo, SpPD, dari Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi Departemen Ilmu penyakit Dalam FKUI RSCM menjelaskan, "Pengasapan tujuannya adalah membunuh nyamuk dewasa sebagai vektor DBD itu efektif, tapi tidak selamananya. Pasalnya, efektivitasnya terbatas oleh waktu kerja, sedangkan nyamuk akan terus tumbuh berkembang lalu mati."

Jadi, menurutnya, fogging hingga kini sebenarnya masih terbilang efektif dalam memberantas nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD, tapi upaya itu tidak boleh dilakukan setengah-setengah, haruslah rutin. ( Metrotvnews.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar