Ilmu Tentang Speaker Aktif

Speaker aktif adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. 
 
Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, akan tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. 
 

Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar.
 
Dalam artikel ini, dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda juga terhadap kualitasnya. 
 
Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

Jenis - Jenis Speaker Aktif

1. Speaker Dual Cone

Umumnya, desain speaker ini paling efisien dan berharga murah, biasa dilihat distandar mobil baru. Dentuman suara yg dihasilkan rata2 nyaris sama, walaupun dari berbagai merk. Terdiri dari 2 buah cone ( konus ).

2. Speaker Coaxcial (Terpusat)

Terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan. Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata.

Speaker 2 Way


Tweeter berada terpisah yg terletak diatas woofer/konus. Terdiri dari Woofer dan Tweeter

Speaker 3 Way

Terdiri dari woofer, midrange, dan tweeter. Fungsi dari midrange adalah mengakomodasi vocal 3.

Speaker 4 Way

Terdiri dari Woofer, Midrange, Tweeter, Super Tweeter.

3. Speaker Split (Terpisah)

Jenis speaker ini adalah jenis terpisah. Woofer, Midrange dan tweeter terpisah. Crossover digunakan untuk membagi frekuensi suara.

Mengapa harus membeli speaker aktif ?

Mengapa harus membeli speaker aktif ? Untuk menghasilkan suara yang mantap dan jenih baik dalam bass , treble ataupun vocal yang banyak di pakai dalam aplikasi untuk musik, mp3 format ,games, ponsel musik dan movie.

Berikut Tips sebelum membeli speaker aktif :

1. Cermatlah memilih

Saat ini banyak speaker yang mudah ditemui dipasaran, point yang paling penting untuk kita ingat sebelum membeli adalah mengenal kebutuhan utama kita dan memahami spesifikasi dari speaker itu sendiri, seperti pengaturan bass, treble ,selector input dan remote control.

2. Bandingkan suaranya dengan speaker yang lain

Apa pun jenis dan sistem tata suara yang digunakan, secara prinsip speaker adalah peranti elektronik yang menerima sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa frekuensi audio (lebih dikenal dengan istilah "suara"). Meski prinsip kerjanya sama, setiap speaker tentunya mempunyai spesifikasi frekuensi audio dan kekuatan output suara yang berbeda.

3. Aktifkan lalu coba speakernya

Putarlah beragam jenis musik seperti Disco, Rock, Jazz, Pop, Dangdutl, dll dan bandingkan dengan model speaker yang lainnya dalam internal harga yang sebanding untuk melihat kualitas suaranya.

4. Bagus tidaknya tergantung telinga.

Jika suara keluaran speaker sudah terasa mantap , jernih , nyaring dan nyaman ditelinga kita , boleh jadi itulah speaker yang cocok untuk Anda.

Saran :
 
Jangan mudah terpikat dengan harga murah atau desain yang modis saja tapi pertimbangkan juga kualitas suara yang dihasilkannya. Dan yang penting sesuaikan dengan aplikasi yang kita perlukan dan budget yang kita anggarkan.

Ada 4 Tips dalam memilih atau sewa sound system untuk keperluan bermusik anda.

1) Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan anda. 
 
Untuk penggunaan pribadi seperti latihan dll, cukuplah memilih amplifier dengan daya 15-20 watts. 
 
Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack Head Phone, Alat Musik (misal: Amplifier Guitar Laser 20) yang sangat berguna terutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain alat musik hingga tengah malam. Dengan memanfaatkan saluran untuk Head Phone ini, maka dijamin seisi rumah yang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu "atraksi" kita

Untuk penggunaan atau sewa sound system acara pesta, Anda akan memerlukan daya yang lebih tinggi lagi yaitu sedikitnya 125 watts atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrument musik yang sedang kita mainkan. 
 
Acara pesta pernikahan, party, ulang tahun, atau acara gathering memang membutuhkan sewa sound system yang lebih besar.

2) Pilihlah amplifier yang berkualitas baik yang sesuai dengan pencahayaan. 
 
Bila kita membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sangat disarankan untuk memilih amplifier yang tidak merubah warna suara asli yang dihasilkan oleh keyboard tsb (flat). 
 
Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboard dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensi tertentu. 
 
Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah (low bass) atau frekuensi yang sangat tinggi (high treble). Jadi kita harus jeli memilih atau sewa sound system yang sesuai atau sesuai dengan pencahayaan) 
 
Model dan penampilan amplifier dapat menjadi pertimbangan terakhir. 
 
Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model yang bagus menurut seseorang, belum tentu bagus juga menurut orang yang lainnya ( demikian juga dalam sewa sound system tidak sembarangan) 
 
Ada baiknya anda bertanya kepada jasa sewa sound system, karena mereka merupakan orang yang berpengalaman, sehingga anda tidak akan kecewa. Jadi kita bukan hanya mencari sewa sound sistem murah, tetapi kualitas harus tetap menjadi pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar